Senin, 11 Januari 2016

TERRARIUM JAKARTA ADALAH TERRARIUM TANAMAN INDONESIA

TANAMAN YANG COCOK UNTUK TERRARIUM INDONESIA

Tanaman Succulent  di  Terrarium-Jakarta-Indonesia



Kaktus-lollipop-moon-cacti-grafted-yellow-red-cactus-terrarium-jakarta-indonesia-blogspot-com7
Lolypop Cactus
Source Image 

Banyak sekali tanaman untuk terrarium yang cocok ditanam di dalam tabung atau bejana. Dari banyaknya contoh terraium yang ada media internet tidak semuanya dapat hidup atau bisa di tanam di Indonesia. Contoh yang populer tanaman terrarium yang cocok atau dapat ditanam di Indonesia adalah sebagai berikut ;

Tidak semua tanaman jenis succulent adalah kaktus. Kaktus  hanya salah satu dari jenis tanaman succulent.

succulent full color di terrarium Jakarta Indonesia1
foto Succulent di Terrarium Jakarta Indonesia
source image

Kaktus - Adalah termasuk dalam golongan tanaman succulent . Banyak orang tidak bisa membedakan bahwa ciri dari  kaktus termasuk dalam golongan tanaman succulent. Melihat ciri ciri tanaman terrarium yang satu ini adalah sama yaitu cara memperbanyaknya adalah dengan cara stek atau dari batak atau daunya saja sudah dapat tumbuh. 


foto  kaktus
foto Kaktus Tanaman untuk Terrarium
Image Source

Banyak tanaman terrarium yang dapat kita temui disekeliling kita yang termasuk dalam golongan tanaman Succulent tersebut. Jadi kaktus adalah salah satu bagian dari golongan tanaman succulent namun tidak semua succulent kaktus (sumbernya https://en.wikipedia.org/wiki/Succulent_plant )  . Macam jenis  kaktus yang di gunakan  untuk tanaman Terrarium Jakarta di Indonesia sudah banyak dan popular  dikenal di kalangan para kolektor kaktus yang berada  di Jakarta dan tersebar di Indonesia pada umumnya. Mulai dari Kaktus memiliki bahasa latin Opuntia yang bentuknya seperti Sendok Nasi atau Cengtong  kemudian Golden Barrel atau Gentong Besar yang berduri besar, sangat kuat, dan tajam.  Ada juga kaktus sangat  unik dan lucu  yang disebut  nenek tua yang gila sesuai penampakannya, kaktus berbunga seperti Kaktus Bintang atau dalam bahasa  latin nya  adalah Astrophytum, dan masih banyak lagi. Banyak jenis kaktus yang sudah dikenal oleh para penggemar kaktus di Terrarium Jakarta Indonesia. Ada yang bisa ditanam di luar ruangan  atau  jenis yang didalam ruangan memerlukan rumah kaca agar bisa tumbuh berkembang subur.  Kondisi iklim tropis untuk tanaman terrarium Jakarta-Indonesia  masih terlalu terlalu lembab berair atau basah,  untuk tanaman yang berasal dari daerah yang memiliki panasnya sangat tinggi dan kering serta berpasir atau gurun pasir.  Dari banyaknya jenis kaktus-pun, ada beberapa jenis yang menjadi kebanggaan para pencintan atau kolektor Kaktus Mania  di Terrarium Jakarta  Indonesia, sebagai berikut.   

JENIS-JENIS KATUS 

1. FEROCACTUS


kaktus berduri di terrarium jakarta Indonesia 2
Foto Ferocactus 1
Source Image
Nama kaktus yang satu ini adalah Ferocactus yaitu adalah kependekannya  dari Ferocious cactus (Kaktus Buas). Dinamakan demikian karena ia mempunyai duri yang sangat besar, kuat, dan tajam. Pada dasarnya kaktus sangat menarik karena dari bentuknya khusus tanaman kaktus ini adalah dari bunganya. Namun pada Jenis  Ferocactus Berduri duri menjadi daya tariknya. Duri-duri yang besar dan kokoh memenuhi seluruh permukaan badan dari tumbuhan kaktus ini. Kelebihan lain, tanaman kaktus ini adalah cenderung tumbuh lebih besar dari pada tanaman kaktus lainnya.
Ferocactus-terrarium-jakarta-indonesia-blogspot-com8
Foto Ferocactus 2
Source Image

Tanaman ini banyak jenisnya, antara lain Ferocactus acanthodes. Kaktus ini tergolong raksasa, sebab diameternya bisa mencapai 40-45 cm. Bentuk tubuh¬nya bulat berlekuk-lekuk dangkal. Warna batangnya hijau dengan duri tajam dan kekar berwarna merah muda yang memenuhi tubuhnya, sehingga nampak lebih dominan. F. stainesii, lekuk tanaman kaktus ini sangat tajam, durinya berwarna merah, keras dan tajam, sehingga tampak lebih dominan daripada tubuhnya yang berwarna hijau. Kemudian F. repphenhagenii, tubuhnya bulat dengan diameter 25-30 cm, ditaburi duri berwarna kekuningan, besar ukuran durinya lebih kecil daripada yang sejenis dengan kakatus ini.


2.ASTROPHYTUM 

Sebutan dalam bahasa latinnya tanaman kaktus ini adalah Astrophytum karena bentuknya sepintas seperti bintang.  Kaktus dengan jenis ini  katanya  berasal dari Meksiko, namun sekarang berkembang di Jepang. Ada banyak sekali jenis dari kaktus yang satu ini, mencapai hampir 100 jenis.  Selain  memiliki varian kaktus Astrophytum ini cukup unik dan lucu. 


astrophytum-terrarium-jakarta-indonesia-blogspot-com
astrophytum-terrarium-jakarta-indonesia-blogspot-com
source image
Dikarenakan   Bentuknya bersegi-segi, dengan lekukan yang dalam hampir mirip dengan buah belimbing. Kaktus Astrophytum yang berlekuk mirip seperti buah belimbing ini dinamakan A. myriostigma, sedang yang lekukannya berupa celah sempit dinamakan A. asterias, Disamping kedua jenis yang tidak berduri, ada juga yang berduri yakni A, capricorne, A, senile, dan A. ornatum. Variant  lainnya, adalah  Astrophytum kristata membentuk mahkota mengelilingi atau melingkar. Kaktus Jenis mudah sekali  berbunga. Salah satu kekurangan dari kaktus jenis ini adalah lambat, pertumbuhannya. Sebagai gambaran, tanaman berumur 4 tahun diameternya baru mencapai 6 cm. Tempat tumbuh secara alaminya adalah yang bersuhu tinggi atau panas, tetapi tidak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung. Suhu sekitar 40 derajat Celcius akan merangsang keluarnya bunga. Kaktus adalah termasuk tanaman yang tahan panas matahari. Untuk dapat memiliki kaktus jenis ini soal harganya  anda dapat menghubungi para pencinta kaktus baik di forum kaktus kaskus atau di Terrarium Jakarta Indonesia.  

3. ARIOCARPUS.

Tanaman kaktus ini cukup unik dan lucu, daunnya bersegi prisma. Dan setiap jenis bentuk daunnya masing masing berbeda. Misalnya A. trigonus berdaun runcing, A scapharus berdaun tumpul, dan A. furfurace berdaun lengkung. Daun memiliki warna yang bervariasi. Ada yang berwarna hijau keperakan, ada yang  berwarna coklat muda. Dan selain dari  daunnya, bunganya pun juga memiliki beberapa variasi, yakni berwarna putih, kuning atau merah jambu. Kelebihan yang lainnya dari tanaman kaktus ini  adalah  tidak memiliki duri tajam.

Ariocarpus -retusus -velongata-Kaktus-di-terrarium-jakarta-indonesia-blogspot-com12
Ariocarpus retusus v elongata
Image : The succulent garden

4. CEPHALOCEREUS SENILIS.

Kaktus yang unik lucu  ini diberi  sebutan old man cactus. Disebut nama demikian karena bentuk badannya mirip dengan kepala manusia, dan seluruh permukaannya tertutup rambut panjang terjurai berwarna putih seperti uban yang awut-awutan, mirip dengan nenek nenek atau orang tua yang beruban . Ada kaktus lain yang penampilannya mirip old man cactus ini, yaitu Echinocereus delaetli. Bentuk badannya  pada bagian atas yang agak membulat hampir seperti atau mirip kepala manusia. bedanya, yang asli panjang bulunya sampai 12 cm serta warnanya putih bersih, sedang yang palsu bulunya hanya sekitar 5 cm dan warnanya putih kekuningan. 


Old man kaktus di terrarium Jakarta Indonesia
CEPHALOCEREUS SENILIS. Old man Cactus Terrarium Jakarta Indonesia
source imag


Untuk mendapatkan old man cactus yang mempunyai pertumbuhan prima. perawatannya harus selalu diperhatikan. Yang pasti kaktus ini mesti mendapatkan panas yang cukup dengan suhu sekitar 32-400C. Kaktus ini dapat diletakkan di rak teratas, dekat dengan atap rumah kaca agar suhu yang dikehendaki tercapai. Agar terbebas dari debu dan polusi, sebaiknya kaktus ini diletakkan di rumah kaca, dan seminggu sekali disemprot dengan sprayer  debu yang menempel pada rambutnya akan hanyut terbawa air.

5. GOLDEN BARREL

Dinamakan Golden Barrel karena memilki bentuk hamper seperti gentong, dengan duri-durinya yang   besar, kuat, tajam, dan berwarna kuning keemasan. Di Terrarium Jakarta  Indonesia kaktus yang bernama latin adalah  Echinocactus grusonii ini oleh pecinta kaktus dinamakan kaktus bola emas dan menjadi koleksi yang dibanggakan.  Karena Kaktus jenis ini di Indonesia kaktus ini paling besar hanya sebesar bola sepak, dan belum ada yang ukurannya mencapai sebesar gentong seperti di negara asli asalnya.


Golden Barrel di Terrarium Jakarta Indonesia
Golden Barrel di Terrarium Jakarta Indonesia
Source Image


Tanaman Kaktus bernama Latin Golden barrel  berasal dari Meksiko, dan sangat menyukai ternpat tumbuh yang kering  banyak mengandung pasir serta bebatuan. Tetapi kemudian kaktus ini banyak ditemukan beberapa negara Eropa. Kaktus ini di Indonesia dengan sebutan si bola emas ini bisa dengan tumbuh cukup baik, tetapi berhubung iklimnya tropis di Indonesia kurang mendukung,  karena curah hujan juga yang terlalu tinggi, maka dari itu untuk menghindari hujan yang berlebihan  tersebut kaktus ini harus ditanam didalam ruangan atau dalam terrarium  atau dalam bentuk tabung kaca.


7. SAGUARO

kaktus raksasa bernama latin Saguaro
Saguaro Kaktus-Rakasasa 
Tanaman Kaktus yang bernama Saguaro sebenarnya sering kita lihat, terutama di film-film barat wild wild west atau koboi, Kaktus yang memiliki postur betuknya sangat besar atau raksasa yang kadang seperti memiliki lengan ini memang sering kita lihat muncul di layar tv bertema gurun.  Sama seperti dengan namanya, Carnegiea gigantea, memiliki postur tanaman kakatus yang besar atau raksasa. Di alam daerah asalnya, kaktus ini dijadikan simbol dari negara bagian Arizona (Amerika Serikat). Tingginya tanaman kaktus raksasa ini  bisa mencapai 15 m. Warna batangnya hijau, berbentuk bulat dan memanjang. Kaktus ini memiliki perrmukaannya berusuk-rusuk atau semacam cekungan kerangka tulang rusuk, dana berduri pendek.


Ciri lain dari kaktus ini adalah adanya batang yang cabang yang tumbuh menyerupai  lengan yang sebenarnya memang merupakan cabang dari batang utamanya kaktus raksasa ini.  Untuk bisa tumbuh memiliki cabang kaktus raksasa ini memerlukan waktu yang sangat lama, kenapa kaktus ini tergolong sangat lambat dalam perkembangan tumbuhnya . Untuk mencapai tinggi 10 m saja diperlukan waktu sekitar 175 tahun. 

  

8. OPUNTIA

Opuntia Kaktus di Terrarium Jakarta Indonesia
Opuntia Kaktus di Terrarium Jakarta Indonesia
Source Image
Kaktus yang satu ini mempunyai postur hampir mirip seperti sendok nasi dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat umum khususnya para penggemar kaktus di Jakarta - Indonesia. Macam jenisnya juga cukup banyak dan variatif, namum  yang banyak ditemukan di Indonesia khususnya adalah tanaman kaktus opuntia besar yang berwarna agak keabu-abuan dengan duri yang panjang dan tajam. Jenis tanaman kaktus  ini oleh penggemar  kaktus umumnya dianggap biasa biasa saja, sebab masih ada jenis dari opuntia yang lebih cantik.



Macam jenis kaktus  opuntia tersebut antara lain adalah  O. pycnantha, lekukan entongnya berbentuk oval dan pipih, tetapi  lebih tebal. Warna entong hijau kuning muda. Durinya yang menambah sangan cantik, serta penampilannya memiliki warna merah, dengan panjang sekitar 1.5-1,8 cm, keras kaku dan tajam. Macam jenis lain O. microdasys var. rufida, mempunyai postur entong bulat dengan warna hijau muda. Durinya pun berwarna merah batu bata,  halus dan pendek-pendek, tumbuh berkelompok membentuk bundaran-bundaran kecil. Sedang O. microdasys var. cristat mempunyai bentuk unik dan lucu. Tidak seperti variannya yang lain, bentuk entong-nya biasannya tidak beraturan dan berwarna hijau muda. Durinya berkelompok, halus, pendek serta berwarna kekuningan hamper mirip menyerupai bintik-bintik. 

Demikian penjelasan mengenai macam-macam jenis kaktus untuk tanaman jenis SUCCULENT disini

KAPAN LAGI ANDA BISA BEBAS ?

Share:

2 komentar:

  1. Menarik sekali trima kasih atas idennya salam sukses ya http://nusaphala.com

    BalasHapus
  2. sangat menginspirasi terimakasih http://www.rental-sewa.com

    BalasHapus

VIDEO TERRARIUM

VIDEO IKLAN

Diberdayakan oleh Blogger.